28/03 2015 Tak perlu jauh untuk mencari yang indah


Tinggal di kota Malang itu banyak keuntungannya, mau kuliah di sini? Bisa, banyak kampus-kampus ketje badai contohnya Universitas Brawijayahahaha sedikit bentuk promosi, selain banyak kampus-kampus ketje badai, tempat wisata di Malang itu banyak buaaaanyaaak percaya deh. Kalau mau main-main ke gunung, Malang punyaa, ada Bromo, Semeru, Arjuno, Panderman, dan banyak lagi. Terus mau main-main ke pantai, Malang punyaa (walaupun harus menempuh waktu 3 jam buat nyampai ke pantai). Dan Malang punya banyak surga-surga tersembunyi salah satunya ini :

Eits tunggu dulu ini tempat apa ya?

Jangan langsung merendahkan tempat ini ya, walaupun tampak luarnya seperti itu liat dulu dalamnya

ini dia


Namanya Sumber Sirah, terletak di kabupaten Gondanglegi, Malang. Memang belum banyak orang yang mengetahui tempat ini termasuk saya. Awalnya teman saya sebut saja namanya Emon mengirimkan gambar tempat ini kepada saya, awalnya saya kira ini rawa-rawa tempat Hayati mati, oke lupakan. Kembali ke topik, singkat cerita Emon mengajak saya untuk ke Sumber Sirah bersama dua teman kami lainnya, yaitu Dastin dan Pras, saya pun setuju. Tiba pada hari H, saya, Emon, Dastin dan Pras berangkat sekitar pukul 07.15 WIB dari Malang menuju ke Gondanglegi, hanya memakan waktu sekitar 1 jam, kami tiba di sebuah perkampungan normal (yang saya lupa namanya) dimana terdapat rumah-rumah warga, perkebunan tebu, dan warung-warung. Dari perkampungan ini menuju kearah Sumber Sirah memang belum ada petunjuk arah, jadi jika kalian berniat untuk ke Sumber Sirah pastikan salah satu teman kalian dapat berbahasa Jawa untuk menanyakan arah. Oke lanjut, jalan menuju ke Sumber Sirah bisa dibilang cukup sulit karena jalanan disini masih berbentuk makadam, jadi memang harus berhati-hati apalagi pada musim hujan jalanan menjadi licin karena lumpur.

Sumber sirah

            Menurut saya tempat ini seperti pemandian alami (untuk saat ini), masih asri, tempat ini di kelilingi oleh sawah dan hutan, jadi cocok buat kita yang ingin liburan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Biaya masuk? tidak ada, mungkin karena belum banyak yang tau dan oleh warga sekitar pun belum di kelola. Soal fasilitas di tempat ini jangan di tanya, fasilitasnya sangat minim seperti yang saya bilang tadi karena belum banyak orang yang tau jadi belum di kelola, jadi jangan heran kalau kalian tidak menemukan tempat ganti ataupun kamar mandi disini.
            Sumber Sirah memiliki kedalaman hingga 2 meter (jadi tidak terlalu dalam jatuh di dalam kenangan) oke kalimat di dalam kurung lupakan. Buat kalian yang tidak bisa berenang tenang di sini ada bapak-bapak yang setia menyewakan ban agar kalian dapat tetap mengapung di Sumber Sirah, harga sewanya mulai dari Rp 5.000,- /ban. Di dalam pemandian ini terdapat tumbuhan-tumbuhan yang menyerupai terumbu karang, jika diperhatikan tumbuhan ini adalah tumbuhan-tumbuhan air pada umumnya, oh iya jika kalian pernah menonton film Harry Potter and The Goblet of Fire kalian akan familiar dengan tumbuhan ini. 


Dan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah sekitar pukul 07.00-09.00 WIB karena pada waktu-waktu tersebut pamandian masih sepi dan sinar matahari akan memantulkan cahaya pada permukaan air sehingga menghasilkan warna yang indah. Alasan lainnya adalah jika kalian berkunjung di atas pukul 09.00 WIB kemungkinan yang terjadi adalah air di sini akan menjadi butek karena banyaknya orang yang berenang dan sepanjang mata kalian memandang saat menyelam kalian hanya akan melihat kaki-kaki orang. 


Kalau sinar matahri lagi bagus
Kalau sinar matahari lagi bagus
           


               

Gimana?
Masalah budget? tenang kalian cukup membawa uang untuk bensin dan uang untuk makan. Masalah ganti baju dan mandi? Saya sarankan untuk memakai baju berenang atau lapisi baju berenang kalian dari rumah, dan untuk mandi kalian bisa mandi di pom bensin terdekat, atau langsung saja pulang kerumah toh air di Sumber Sirah adalah air tawar jadi tidak begitu lengket di kulit jika kering. Dan satu lagi jika ingin melihat keindahan bawah air Sumber Sirah jangan lupa bawa kacamata renang atau alat snorkeling kalian, walaupun tak seindah keindahan bawah air di Wakatobi, Karimun Jawa, Pulau Menjangan, dan Bali, keindahan bawah air Sumber Sirah dapat mengobati rasa rindu bagi kalian yang tidak punya waktu untuk liburan, karena untuk mencari sesuatu yang indah tak perlu jauh-jauh.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top